1. Kenali pelanggan Anda
Identifikasi target market Anda akan
membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Anda bisa
mengelompokkan target market menjadi beberapa kategori, misal kelompok
usia 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau
Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun, jika ingin
memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target
market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang
sia-sia.
2. Lakukanlah promosi
Lakukan upaya promosi atau
memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi
yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan
cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya,
mengirim pesan singkat kepada para customer jika sedang ada promo produk
– produk Anda. Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang
dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik,
lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity.
Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat
menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan
Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi
pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
3. pilih lokasi yang strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery
selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang
sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan
potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis,
agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih
terbuka.
4. Coba gunakan internet marketing
Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial.
Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang
meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana
pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian,
dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.
5. Jalin hubungan dengan pelanggan
Memelihara pelanggan lama lebih mudah
dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan
untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara
pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data
penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara
berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang
berjalan, dan lain-lain.
6. The Power of Focus
Kekuatan fokus terbukti dapat
mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple focus pada produknya dan
sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple
tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang
lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih
sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah
tertentu.
No comments:
Post a Comment